Jika digigit ular ini, anda akan mati tanpa rasa sakit

Photo by ronnyfriman.com

"Digigit tanpa rasa sakit, mengantuk, semakin mengantuk, lalu tidur dan tidak akan pernah bangun-bangun lagi" 

Itu adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan efek dari bisa ular Welang ini. Bentuknya segitiga memanjang seperti coklat Toblerone, tubuhnya dikelilingi cincin warna hitam & kuning/putih. Ekornya tumpul seperti habis diputuskan. 


Nama ilmiahnya adalah Bungarus fasciatus (SCHNEIDER, 1801) masih termasuk dalam keluarga elapide memiliki taring depan kerabat dekat ular kobra, namun ular ini memiliki bisa neurotoxic 16 x lebih kuat dari kobra. Rasionya sekitar 85% orang akan mati saat belum ditemukan antibisa ular ini. Mangsanya adalah ikan, namun ia dapat pula memakan ular lain. 

Ular welang termasuk semi-akuatik, hidupnya di rawa-rawa. Ia berkembang biak dengan cara bertelur. Apabila merasa terganggu ia lebih sering menyembunyikan kepalanya dibawah gulungan badannya, namun apabila akan menyerang ular welang akan melakukan gerakan patah-patah dan menyambar secara tak beraturan. 

Apabila tergigit, gejala pendarahan tidak terjadi disekitar gigitan. Efek bisanya adalah mengantuk, sakit perut, kelumpuhan, sulit bernafas, lalu koma dan menyebabkan kematian antara 1-12 jam. Di Indonesia populasinya masih sering dijumpai di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. 

 Video ular welang


0 Response to "Jika digigit ular ini, anda akan mati tanpa rasa sakit"

Post a Comment

Total Pageviews